Kamis, 24 Maret 2011

3 Langkah Sederhana Untuk Perbaiki Postur tubuh

Postur tubuh yang buruk bisa memicu nyeri otot atau rasa pegal yang tak kunjung hilang.
Postur tubuh yang baik adalah posisi tubuh dalam keadaan tegak melawan gravitasi saat berdiri, duduk atau berbaring. Untuk mendapatkannya, membutuhkan latihan baik saat berdiri, berjalan, duduk, dan berbaring, agar ketegangan dalam posisi tersebut didukung oleh otot dan ligamen yang tepat.

Postur tubuh yang kurang tepat bisa berdampak negatif, seperti nyeri otot atau rasa pegal yang tak kunjung hilang. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Hal ini demi menjaga postur tetap tegak dan kesehatan tulang belakang.

"Postur tubuh yang buruk bisa mengurangi kemampuan gerak bahu, sakit kronis, sulit berjalan, sakit kepala dan leher, ketidakmampuan berolahraga, dan masih banyak lagi. Untuk itu, selalu menjaga postur tubuh memiliki efek kesehatan jangka panjang," kata Dr. Greg Thielman, asisten profesor dari University of the Sciences di Philadelphia, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Times of India.

Ia juga mengungkapkan tiga langkah mudah untuk memperbaiki postur tubuh. Anda bisa melakukannya sekarang juga.


1. Evaluasi meja kerja
Meja kerja adalah tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu bekerja. Pastikan posisi layar komputer sejajar dengan mata. Posisi kursi juga harus menyangga tubuh dengan baik.

"Tidak perlu membeli kursi dengan harga mahal. Hal yang terpenting adalah kursi mampu membuat Anda duduk tegak serta menyangga tulang pinggang, bahu dan kalau perlu kepala," kata Thielman.


2. Latihan
Thielman merekomendasikan tiga latihan reguler yang memfokuskan pada otot besar di bagian depan dan belakang paha, serta otot perut, yaitu :

- Pelvic tilt : Saat duduk, tekan pinggul Anda ke kursi, tahan selama tiga detik, kemudian lepaskan. Cara ini bisa mengencangkan dan menguatkan otot perut.

- Chin tucks : Juga saat duduk, letakan ujung jari-jari di dagu dan dorong ke arah belakang. Pastikan kepala tidak ke atas atau ke bawah. Latihan ini akan meluruskan tulang belakang dan membuat kepala lebih tegak.

- Lean back : Untuk meluruskan tulang belakang yang saat duduk cenderung membungkuk, lakukan latihan dengan posisi berdiri. Berdiri dan letakan tangan di bagian punggung bawah dan gerakan punggung ke arah belakang.

3. Gunakan sepatu yang mampu menyangga tubuh dengan baik
Menggunakan sepatu tumit tinggi memang membuat tubuh terlihat lebih tegak. Tetapi terlalu sering menggunakannya justru membuat postur tubuh menjadi buruk. Sebaiknya batasi penggunaannya. Untuk sehari-hari, gunakan sepatu yang nyaman dengan tumit yang pas dan bantalan empuk. Itu karena pilihan sepatu sangat memengaruhi postur tubuh Anda.

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda