Kamis, 24 Maret 2011

10 Trik Memulihkan Energi Secara Instan

Mulai dari menggoda lawan jenis, memercikkan air dingin, hingga refleksi tubuh.
Rutinitas sehari-hari tentu membuang energi dan tak jarang memperburuk mood. Saat seperti ini, Anda butuh relaksasi untuk mengembalikan energi yang hilang.

Tak perlu menyediakan waktu khusus untuk memulihkan semangat yang meredup di tengah kesibukan. Cobalah beberapa langkah sederhana berikut untuk memulihkan energi dalam waktu singkat, seperti dikutip dari laman Marie Claire:

1. Keluar dari rutinitas sejenak
Mungkin Anda tidak memiliki banyak waktu untuk hang out bersama keluarga, teman, atau bahkan kekasih. Namun, tidak ada salahnya menyisihkan lima menit di tengah kesibukan untuk sekadar menghirup udara segar, mendapatkan pemandangan baru di luar ruang kerja. Hal sepele ini ternyata dapat memberikan energi baru dan meningkatkan mood positif.

2. Menggoda lawan jenis
Tidak dipungkiri bahwa menggoda lawan jenis menjadi hal menyenangkan, sejauh sasaran yang Anda goda tidak memiliki kekasih. Ini sangat efektif membuat Anda bersemangat. Gejolak hati yang terjadi membuat otak aktif dan membuat diri bersemangat. Menyisipkan lelucon di tengah percakapan akan membuat Anda lebih berenergi.

3. Minum eh
Teh lebih baik dari pada kopi. Minuman teh adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi. Penelitian telah membuktikan bahwa minum segelas teh hitam empat sampai enam kali per hari dapat mengurangi hormon stres di dalam tubuh.

4. Mandi dengan air dingin
Katharine Hepburn mengakui bahwa mandi air dingin memberikan energi yang luar biasa dalam tubuh. Setidaknya air bersuhu normal. Jika Anda inginkan kesegaran di siang hari, Anda bisa memercikan air dingin pada wajah Anda. Anda pun dapat menyimpan air dingin dalam botol spray dan gunakan jika Anda merasakan kantuk.

5. Dengarkan musik
Bukanlah hal yang baru jika otak akan tenang ketika kita mendengarkan musik. Musik menstimulasi otak sama halnya seperti aktivitas seks atau penggunaan obat. Jadi, dengarkan musik favorit Anda agar mendapatkan tambahan energi untuk menjalankan sisa hari Anda.

6. Gunakan warna terang
Mood adalah hal yang unik. Mood Anda saat ini dapat memengaruhi mood orang lain, begitu pula sebaliknya. Warna adalah salah satu cara yang tidak Anda sadari dapat memengaruhi mood sepanjang hari. Penggunaan warna gelap tidak akan memberikan reaksi yang postif terhadap mood Anda. Berbeda halnya dengan warna terang seperti kuning, merah, atau pink yang dapat memberikan semangat dan orang sekitar.

7. Gunakan lemon
Vitamin C adalah sebuah keajaiban. Tidak hanya sebagai ekstra energi, tetapi juga merevitalisasi indra penciuman dan menyembuhkan kelelahan. Selain itu, aroma dari jeruk, lemon, atau jeruk nipis dapat menstimulasi kewaspadaan.

8. Tidur siang
Aktivitas ini sebenarnya sangat berisiko. Jika Anda melakukannya lebih lama maka akan memberikan dampak yang sebaliknya. Anda hanya dapat memejamkan mata selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan kembali energi. Jika Anda ketiduran, maka Anda akan merasa lelah dan lemas. Jadi gunakan alarm, tidurlah sejenak di atas tempat tidur, atau kursi Anda.

9. Makanlah sepotong cokelat
Seperti tidur siang, cokelat juga dapat memberikan dampak yang berbeda jika dikonsumsi berlebih. Untuk membatasinya, Anda hanya dapat mengonsumsi satu potong per hari. Mengonsumsinya sedikit dapat memberikan Anda lonjakan endorfin. Selain itu, tingkatan kafein pada cokelat tidak akan memberikan efek samping pada tubuh.

10. Pijat titik tekanan
Ada akupuntur, ada pula acupressure atau totok tubuh, di mana diberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh. Terapi ini sudah lama diandalkan untuk menyembuhkan migrain, stres, dan menurunkan tensi. Acupressure atau totok tubuh bisa menjadi pilihan mereka yang tidak menyukai jarum. Saat santai, coba melakukannya sendiri dengan memberi tekanan pada daerah antara jempol dan telunjuk beberapa menit, demi mengembalikan energi Anda.

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda