Sabtu, 09 April 2011

MENGENAL ANGKA

MENGENAL ANGKA

Mata Kuliah Bermain dan Teknik Permainan
Dosen Pembimbing
Bpk. Djoko Purnomo, S.Pd. M.Pd.



Disusun oleh :
1. Ismatillah
2. Erna Rahmawati
3. Ilyatus Sa’adah
4. Lis Arofah
5. Musrifah 6. Ni’matul Faizah
7. Sat Styo Wahyudi
8. Sriani
9. Umi Nasyidah

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
TAHUN AKADEMIK 2010
MENGENAL ANGKA

Jumlah pemain : semua anak dalam satu kelas.
Tempat bermain : didalam ruangan.
Alat yang digunakan : kartu angka 1 s.d 10.
Cara bermain
1. Guru berdiri ditengah ruangan memegang kesepuluh kartu angka.
2. Anaka-anak berdiri disekitar guru dengan jarak kurang lebih 2 meter.
3. Untuk memulai permainan, guru melempar semua kartu ditangannya tinggi-tinggi sambil menyebut kan satusalah satu, misalnya : tujuh.
4. Serentak anak-anak berebut mencari kartu dengan angka tujuh.
5. Yang menemukannya segera membawa ke guru.
6. Guru mencatat nama anak dan angka kemenangannya, Yang mendapatkan angka terbanyak adalah pemenangnya.
7. Permainan dilanjutkan dengan kartu-kartu angka yang lain.

PEMANASAN

Guru melihat jam tangan lalu membunyikan bel tanda waktunya masuk kelas.
Guru : sudah jam 7 waktunya masuk (teng, teng, teng).
Ayo anak-anak baris sebelum masuk kelas, sambil nyanyi sepur ya … 1,2,3!!!
Lalu berbaris membentuk kereta api anak-anak menyanyi sepur expess sambil masuk kelas.
Bersama :
Tit tit tuit jes jes 2X
Suarane sepur express
Tret tret tret jengreng 2X
Gerbonge podo digandeng
Ayo konco podo numpak 2X
Mudhune neng stasiun
Ayo konco podo numpak 2X
Mudhune neng stasiun
Didalam kelas dengan diatur Guru langsung membentuk lingkaran. Guru mengucapkan alam dan menanyakan kabar dengan bernyanyi.
Guru : Assalamu’alaikum apa kabar?
Murid : baik.
Guru : Assalamu’alaikum apa kabar?
Murid : baik.
Bersama : Assalamu’alaikum wa’alaikum salam.
Guru : Assalamu’alaikum apa kabar?
Murid : baik.
Guru : Assalamu’alaikum kaifa haluk?
Murid : khoir.
Guru : Assalamu’alaikum kaifa haluk?
Murid : khoir.
Guru : Assalamu’alaikum How are you?
Murid : I fine.
Bersama : Assalamu’alaikum, Wa’alaikumsalam.
Guru : Assalamu’alaikum How are you?
Murid : I fine.

INTI
Konsep inti seperti yang telah ditulis didepan :
Guru : Anak-anak sebelum belajar membaca bismillah dulu yuk. 1,2,3…
Bersama : Bismillahirrohmanirrohim.
Guru : sekarang ibu guru ajari berhitung sambil bermain yuk…?
Murid 1 : ga… mau ach….
Guru : Kenapa gak mau? Ini ada kartu bagus loh …
Murid 1 : mana?
Guru : ini
Murid 1 : ah … gak mau. (Yang lain bergumam sendiri-sendiri)
Guru : ya sudah kalau tidak mau buguru main sama teman yang lain …
Murid 1 : ya sudah saya ikut.
Guru sambil menunjukkan kartu angka dan memberitahu angka – angka lewat kartu tersebut.
Guru : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 ayo ditirukan.
Murid : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 .
Guru : sekarang dengan bahasa inggris.
Bersama : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.
Guru : Pandai semua, nanti kartu-kartu guru lempar sambil menyebutkan satu angka, kalian berebut mencari angka yang ibu guru sebut ya… yang bisa mendapat jempol 2, oke?! Siap?...
Murid : siap.
Guru : mencari angka 2…
Murid ani : saya dapat angka 2 buguru
Guru : oh … pintar, dapat jempol 2, coba angka 2 seperti apa?
Murid ani : E… seperti bebek berenang bu guru.
Guru : wah betul sekali, ayo semua menyanyikan lagu bebek. 1, 2, 3 …
Bersama :
Megal – megol seperti bebek
Lompat seperti katak
Terbang seperti burung
Megal – megol seperti bebek
Lompat seperti katak
Lari seperti kuda
Sambil mempraktekkan tariannya.
Guru : baik, sekarang kita ulangi lagi ya………. Mencari angka 7..!
Sambil dilempar kartu – kartu angka murid – murid berebut.
Murid Rahma : saya, saya dapat angka 7 Bu, ini…..
Guru : coba lihat, o… iya mbak Rahma dapat angka 7 pintar …dapat jempol 2, seperti apa mbak rahma angka 7 itu?...
Murid Rahma : Seperti cangkul Bu guru, cangkul pak tani…
Guru : Pak tani menanam apa?
Murid : Jagung……
Bersama :
Ayo … kawan kita bersama …
menanam jagung dikebun kita
ambil cangkulmu ambil pangkurmu
kita bekerja tak jemu – jemu..
Cangkul - cangkul, cangkul yang dalam
Menanam jagung di kebun kita
Cangkul - cangkul, cangkul yang dalam
Menanam jagung di kebun kita

PENDINGINAN
Murid : Bu guru … capek
Murid : Iya, capek mau istirahat.
Guru : sebelum istirahat, Bu guru Tanya lagi tadi kita sudah belajar apa?
Bersama : mengenal angka Bu … 1 sampai 10.
Guru : mari kita ulangi lagi bersama-sama.
Bersama : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.
Guru : O Iya… Pintar , baik kalau begitu persiapan istirahat.

Guru memberikan aba – aba dan diikuti oleh murid-murid.
Guru : Tangan ke atas, kesamping, kemuka, dilipat, diam hap jadi patung membaca Hamdalah…
Bersama - : Alhamdulillahirobbil ‘alamin……..
Selesai

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda