Minggu, 03 April 2011

Manfaat Teh Hijau

Selalu ada fakta baru mengenai khasiat Teh Hijau. Yang terakhir menyebutkan minum teh hijau tak hanya menimbulkan efek menenangkan diri, tapi juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah osteoporosis, memulihkan kerja otak, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung! Tak heran bila teh menjadi minuman favorit kedua setelah air putih. Diantara manfaat the hijau adalah

- Melindungi mata dari penyakit glaukoma dan gangguan mata lainnya. Berdasarkan analisis yang dibuat para peneliti diketahui, catechins, antioksidan utama dalam teh hijau, efektif menjaga kesehatan mata.

- Meminimalisir perasaan sedih dan kesepian. Kandungan teh hijau, yakni asam amino thenine, dipercaya memiliki efek menenangkan otak. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa para lansia yang rutin minum teh hijau empat cangkir atau lebih setiap harinya lebih jarang mengalami depresi.

- Melindungi otak dari efek-efek gangguan tidur yang menyebabkan terjadinya ngorok dan henti napas. Komponen atau zat aktif yag ditemukan di dalam teh hijau disinyalir dapat menangkal kerusakan saraf akibat gangguan napas yang terjadi pada mereka yang mengalami gangguan tidur.

- Bisa menahan perkembangan tumor. Pernahkah Anda mengalami periode haid yang lama dan diikuti rasa nyeri atau tekanan pada perut bawah? Jika iya, maka Anda mengalami fibroid atau tumor jinak yang tumbuh pada dinding dalam uterus. Kondisi tersebut merupakan hal umum yang dialami sekitar 20-40 persen wanita di atas usia 40 tahun. Keadaan ini bisa menghambat atau membuat wanita kehilangan waktu produktifnya. Sebuah riset yang dilakukan Dong Zhang dan timnya dari Meharry Medical College di Nashville, Amerika Serikat, menemukan ekstrak teh hijau bisa membunuh sel-sel fibroid.

- Menjaga keseimbangan naik turunnya tekanan darah dan mencegah terjadinya pembentukan gumpalan darah yang menjadi penyebab utama serangan jantung. Dr. Nikolaos Alexopoulos dari Athens Medical School di Yunani dan sejumlah peneliti menemukan, di antara 14 orang, mereka yang minum teh hijau menunjukkan pembesaran pembuluh nadi pada hati mereka 30 menit lebih lama daripada mereka yang minum kopi atau air panas. Ini karena, para ahli berspekulasi, teh hijau bekerja di dalam saluran pembuluh darah, membantu sel-sel mengeluarkan zat-zat yang dibutuhkan untuk menenangkan pembuluh nadi dan membuat aliran darah lebih lancar. Bagian yang membantu tersebut adalah flavonoids yang bekerja sebagai antioksidan, dan membantu mencegah pembengkakan pada jaringan tubuh. Zat-zat ini juga mencegah terjadinya pembentukkan gumpalan darah, yang menjadi penyebab utama serangan jantung.

- Pilihan makanan tepat bisa membantu memperbaiki pola hidup yang kurang sehat. Sebaiknya, kita mengurangi asupan karbohidrat buruk yang berpotensi menimbulkan berbagai jenis penyakit. Apalagi, karbohidrat yang berlebihan di dalam tubuh pada akhirnya bisa diubah menjadi lemak. Hal inilah yang membuat perut kita jadi membuncit dan lingkar pinggang pun bertambah. Kita jadi beresiko mengalami kegemukan. Kita bisa menyiasati tingginya asupan karbohidrat dengan mengonsumsi teh hijau. Penelitian terbaru dari American Society of Nutrition mengungkap, tingginya kandungan katekin dalam teh hijau bisa membantu mengikis lemak di tubuh. Selain itu, studi terakhir yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau bisa mempercepat hilangnya lemak berlebih di daerah perut. Tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan program olahraga yang teratur. Kutipan dari Kompas.com

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda